Jumat, 30 Mei 2014

Do you know : Apa sih sikap altruistis itu?

   Hello guys...
   Apa kabar harimu? :)

   Ada satu ilmu kali ini yang ingin saya bagikan... 
   Tapi sebelumnya, yuk lihat berita satu ini...






World Trade Centre Twin towers.. Asingkah dengan kedua gedung kembar itu? :)
WTC Twin Towers ini merupakan gedung kompleks yang dibangun oleh Port of Authority New York and New Jersey dan di desain oleh Minoru Yamasaki. Gedung ini merupakan gedung perkantoran yang dibangun di jantung distrik kota New York.. Sangat megah dan menakjubkan, tetapi menjadi benar - benar hancur dan tak berbentuk pada saat sebuah pesawat yang meluncur menabrak gedung tersebut pada 11 September 2001.




Sungguh sebuah tragedi yang menaruh perhatian besar dari seluruh dunia saat itu, dan hingga sekarang pun masih tidak dapat terlupakan karena begitu besar suara yang tersebar dari tragedi tersebut. Seluruh dunia turut berduka atas tragedi tersebut.

   Melihat secara langsung akan menjadi jauh berbeda dengan melihat tragedi tersebut di televisi atau membacanya di surat kabar. Banyak orang yang pada saat tragedi tersebut terjadi menaruh perhatian dan beberapa yang memiliki tugas disaat bencana terjadi langsung meluncur melaksanakan tugasnya. 
   Seperti pemadam kebakaran, polisi, bagian medis, dan masyarakat sekitar, mereka meluncur begitu tragedi tersebut terdengar di telinga dan terlihat di mata mereka. Mereka menjadi pahlawan bagi mereka yang menjadi korban tragedi tersebut. Semua menjadi satu tanpa memandang apakah berbahaya bagi diri mereka? Banyak yang menjadi pahlawan dalam tragedi tersebut. Termasuk para penumpang dalam pesawat yang merelakan dan membiarkan pembajak pesawat menabrakan pesawat ke gedung WTC Twin Towers. 

Perilaku merelakan diri, membiarkan seseorang melakukan apa yang diinginkan walaupun diri sendiri tidak ingin, membantu para korban merupakan sikap alturistis. Tindakan sukarela yang ditujukan untuk keuntungan orang lain dan tidak terdorong adanya keuntungan pribadi yang didapat nantinya. Sikap altruistis yang paling ekstrim adalah yang dilakukan oleh para penumpang dalam pesawat yang dilakukan demi mengurangi bertambahnya korban dari tindakan jahat si pembajak pesawat.




Sikap altruistis ini bukanlah sikap yang ditujukan pada seseorang yang memiliki hubungan darah atau satu keluarga dengan kita.. Sikap altruistis ini dapat terlihat nyata ketika secara spontan dan sukarela dilakukan untuk orang lain yang tak dikenal.

Sungguh hebat setiap mengetahui adanya sikap altruistis yang masih dimiliki orang - orang di dunia ini. Melalui sikap altruistis ini mampu menajamkan pemahaman pada kita tentang apa yang diperlukan manusia untuk menjadi manusia yang utuh.. :)


Semangat belajar dan menambah ilmu teman!! ^^

God bless you..  


 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar